Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Bagi Para Mahasiswa

            Sebagai seorang MaBa (Mahasiswa Baru) menjaga kesehatan adalah hal yang penting, karena biasanya tubuh kita belum terbiasa dipaksa untuk membiasakan diri dengan berbagai macam tugas dan kegiatan hingga larut malam bahkan sampai pagi buta. Oleh karena itu berikut beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh bagi para mahasiswa baru agar terbiasa dengan berbagai macam aktivitas yang dilakukan :

1. Berpikir Positif
            Hal yang sangat mempengaruhi kita disaat banyaknya tugas adalah pikiran. Apabila pikiran kita kacau bahkan sampai stress tentunya kondisi tubuh kita akan drop/menurun, hal ini tidak akan terjadi apabila pikiran kita tetap tenang ketika mengalami masa-masa sulit. Biasanya bagi orang-orang yang suka bermeditasi memiliki ketenangan yang baik dan bisa kita lihat dengan perilaku nya yang tenang dan tidak ceroboh. Sangat disarankan bagi anda para mahasiswa baru yang belum terbiasa dengan banyaknya tugas yang dikejar deadline untuk selalu berpikir positif tidak harus dengan meditasi tetapi bisa juga dilakukan dengan mengatur nafas kita agar pikiran selalu tenang.



2. Istirahat yang cukup
            Seberapapun kita memaksakan tubuh kita untuk bekerja, kita harus menyisihkan waktu untuk beristirahat. Disaat pikiran sudah kacau dan otot-otot tegang maka kita harus berisitirahat. Rata-rata waktu istirahat yang baik yaitu sekitar 8 jam, kenyataannya bagi para mahasiswa istirahat 8 jam hanyalah mitos, kebanyakan mahasiswa kekurangan tidur, bahkan bisa tidak dapat istirahat karena harus mengikuti kuliah keesokan harinya. Padahal istirahat merupakan hal penting guna menjaga kebugaran tubuh kita agar tidak mengalami penurunan kondisi.



3. Makan dan minum sesuai kebutuhan tubuh
            Selain istirahat, makan dan minum yang cukup juga mepengaruhi kebugaran kita. Semakin banyaknya aktivitas tubuh kita maka semakin banyak juga asupan gizi yang kita perlukan. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak sangat penting bagi tubuh ini. Selain itu air juga merupakan kebutuhan yang penting bagi tubuh ini, karena tubuh kita terdiri dari 70% air yang akan terkuras sedikit demi sedikit ketika beraktivitas. Pastikan anda tidak kekurangan asupan gizi dan juga air dalam menjalankan berbagai aktivitas di perkuliahan.



4. Olahraga secara teratur
            Sempatkan diri kalian untuk berolahraga setiap sore atau pada waktu luang ketika anda sedang libur kuliah. Tetapi jika benar-benar sibuk sempatkan untuk berolahraga sekitar 10-15 menit melakukan gerakan gerakan ringan hingga berkeringat. Olahraga dapat mengurangi stress dan menaikkan daya tahan tubuh, sehingga manfaatnya bagus untuk kita para mahasiswa yang banyak melakukan berbagai aktivitas.


           


            




0 komentar:

Posting Komentar

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Bagi Para Mahasiswa