Perintah select pada MySql


1.   Select
Perintah SELECT pada MySql biasanya digunakan untuk menampilkan data yang berada di dalam tabel. Perintah SELECT mempunyai banyak sekali variasi. Mungkin bisa disebut perintah yang mempunyai variasi paling banyak di antara perintah-perintah lainnya.
Bentuk umum perintah select :
select [kolom-yang-ingin-ditampilkan] from [nama tabel]
Menampilkan semua data di dalam tabel
select * from[nama_tabel_yang_ingin_ditampilkan];

Menampilkan data di dalam field/kolom tertentu
select [nama_filed],[nama_field]...., from [nama_tabel];

2.   Select Where
Perintah select untuk menampilkan data dengan suatu kondisi tertentu
Menampilkan data dalam field/kolom tertentu dengan kondisi tertentu
select [nama_filed],[nama_field]...., from [nama_table] where [nama_field=condition];

jika kondisi merupakan sebuah string, jangan lupa memberi tanda kutip satu seperti contoh di bawah ini
select [nama_filed],[nama_field]....,from [nama_table] where [nama_field=’condition’];
nb: condition diisi dengan data yang terdapat dalam suatu field yang digunakan untuk menampilkan data sesuai dengan kondisi yang diinginkan

3.   Select Multiple Tabels
Digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan menambah where untuk menggabungkan tabel-tabel yang ingin ditampilkan dengan relasinya.
Bentuk perintah Multiple Table
SELECT nama_field1, nama_field2 FROM nama_tabel1, nama_tabel2
WHERE nama_tabel1.nama_field1(relasi)=nama_tabel2.nama_field2(relasi)

4.   Select Join
Inner join merupakan jenis join yang paling umum yang dapat digunakan pada semua database. Jenis ini dapat digunakan bila ingin merelasikan dua set data yang ada di tabel, letak relasinya setelah pada perintah ON pada join.
Bentuk perintah inner join :
SELECT * FROM tabel1 INNER JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK

Outer join merupakan jenis join yang sedikit berbeda dengan inner join. Pada MySQL, bentuk perintah untuk menerapkan outer join ada 2 yaitu :

SELECT * FROM tabel1 LEFT JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK
dan
SELECT * FROM tabel1 RIGHT JOIN tabel2
ON tabel1.PK = tabel2.FK

Left join digunakan dalam situasi ketika ingin mengembalikan semua elemen data set A, terlepas dari
apakah nilai kunci ada dalam data set B.
Right join digunakan dalam situasi ketika ingin mengembalikan semua elemen data set B, terlepas dari apakah nilai kunci ada dalam data set A.
Bila ingin menampilkan semua data yang ada di tabel sebelah kiri baik yang mempunyai pasangan ataupun yang tidak mempunyai pasangan dengan data pada tabel di sebelah kanan, maka gunakan left join. Sedangkan bila yang terjadi adalah kebalikannya, yaitu ingin menampilkan semua data yang ada di sebelah kanan baik yang mempunyai pasangan ataupun yang tidak mempunyai pasangan dengan data pada tabel di sebelah kiri, maka gunakan right join.

5.   Fungsi Agregat
Fungsi agregat  dalam MySQL adalah fungsi yang menerima koleksi nilai dan mengembalikan nilai tunggal sebagai hasilnya, seperti: jumlah data, nilai minimun, nilai maximum dan nilai rata-rata .
Fungsi ini digunakan bersama dengan pernyataan SELECT
·         Count
Fungsi Count adalah suatu fungsi yang digunakan dalam bahasa SQl untuk menghitung jumlah atau banyaknyabaris data atau record dari suatu table. Misalnya kita ingin mengetahui berapa sebenarnya jumlah record yang sudah kita buat maka, kita dapat menggunakan Fungsi Count  ini. Contoh penulisan dari fungsi ini adalah :

Select  count(*) from nama_table

·        Sum
Fungsi Sum adalah suatu fungsi  yang digunakan dalam bahasa SQL untuk menghitung  jumlah ataupun hasil penjumlahaan data angka dari suatu field ataupun kolom.
Contoh penulisan dari fungsi ini adalah:
Select  sum(Nama_field_yang_ingin_ditotal) from nama _table

·        Avg
Fungsi Avg adalah suatu Fungsi yang digunakan dalam bahasa SQL untuk mengitung nilai rata- rata dari suatu kolom. Contoh penulisannya adalah:

Select avg(Nama_field_yang_ingin_dirata_ratakan) from nama_table

·        Max
Fungsi Max adalah suatu Fungsi yang digunakan dalam bahasa SQL untuk mencari nilai terbesar dari kumpulan data angka dalam suatu kolom atau field.  Contoh penulisannya adalah:

Select max(nama_field) from nama_table

·        Min
Fungsi Min adalah suatu Fungsi yang digunakan dalam bahasa SQL untuk mencari nilai terkecil dari kumpulan data angka dalam suatu field. Contoh penulisannya adalah:

Select min(nama_field) from nama_table





3 komentar:

  1. terimakasih gan, atas ilmunya bermanfaat banget, kebetulan saya lagi nyari materi tambahan untuk bahan kuliah nih ehehe,
    ohya kenalin, nama saya Abdurrahman Fadhillah, saya kuliah di Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur kota Pangkalpinang, Babel, ini website kampus kami, https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih artikelnya,sangat membantu,ama saya Muhammad Akbar Hamdalah mahasiswa dr ISB atma luhur,di cek jg website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

Perintah select pada MySql