Tips agar tenang saat presentasi

Presentasi merupakan hal yang sering di lakukan di perkuliahan, biasanya dosen memaparkan materinya dengan presentasi tetapi apabila mahasiswa yang melakukan presentasi tentunya diri kita merasa grogi (tidak percaya diri). Hal tersebut tentunya merugikan karena bisa saja mengurangi nilai yang diberikan oleh dosen terhadap kita karena dianggap tidak menguasai materi yang dipaparkan. Oleh karena itu saya akan memberika tips agar tenang ketika presentasi didepan kelas

1. Persiapan. Hal terpenting pastinya adalah sebuah persiapan, karena apapun yang dilakukan tanpa persiapan maka hasilnya akan kurang sesuai harapan. Oleh karena itu jauh hari sebelum presentasi alangkah baiknya kita untuk mempelajari materi yang akan dipresentasikan terlebih dahulu agar materi yang akan dipaparkan sudah terbayang di dalam pikiran kita sehingga nanti nya saat membawakan presentasi apabila kita sudah mengetahui materi maka rasa percaya diri itu akan meningkat.

2. Berpikir positif. Hal ini juga dapat mempengaruhi karena apabila pikiran kita sudah panik duluan karena grogi maka tentu hasilnya akan tidak baik ketika presentasi. Berusahalah agar pikiran kita selalu tenang ketika akan membawakan presentasi agar menambah kepercayaan diri kita menghadapi audiens yang akan mendengarkan paparan materi kita.

3. Atur nafas. Cara ini digunakan agar kita tenang sebelum tampil membawakan presentasi. Sebelum tampil untuk memaparkan materi sebaiknya anda mengatur nafas dan juga sebelum anda memulai berbicara kepada audiens ada baiknya juga anda mengatur nafas. Hal ini dilakukan karena apabila kita tampil di depan orang maka otomatis denyut jantung kita akan berdebar maka saran terbaik untuk dilakukan adalah dengan mengatur nafas kita.

4. Fokus. Usahakan ketika anda sudah tampil di depan audiens maka fokuskan lah pikiran anda dengan materi-materi yang akan dipaparkan atau yang sedang dipaparkan. Apabila ada suasana yang kuran berkenan dengan anda sebagai pembawa presentasi maka hiraukan saja tetaplah untuk fous dengan pembawaan materi anda.

5. Ungkapkan materi dengan gerakan. Cara ini dilakukan agar pembawa materi dapat menghilangkan grogi karena dengan bergerak maka tubuh anda akan disibukkan dibandingkan anda hanya diam saja membaca materi tentunya hal tersebut akan lebih membuat anda grogi. Selain itu juga agar para audiens tertarik dengan materi yang dipaparkan didalam presentasi.

6. Berinteraksi dengan para audiens. Sebenarnya cara ini anda bisamlakukan apabila anda menguasai suasana disekitar anda. Hal ini bisa dibulang mudah ataupun susah. Karena melakukannya memerlukan mental yang besar, selain itu tentunya anda juga harus sangat menguasai suatu materi presentasi sebelum melakukan hal ini. Tetapi bisa juga cara ini digunakkan untuk menghilangkan grogi karena apabila anda melakukan interaksi maka otomatis kepercayaan diri anda akan meningkat dan lebih bersemangat dalam memaparkan materi.




0 komentar:

Posting Komentar

Tips agar tenang saat presentasi