Tips agar tidak mengantuk saat kuliah di ruangan

Mengantuk merupakan hal yang manusiawi bagi semua orang, apalagi bagi anda para kaum pelajar dan mahasiswa ketika sedang menerima pelajaran di dalam kelas, sudah sangat sering kita jumpai teman kita bahkan diri kita sendiri mengantuk saat mendengarkan guru atau dosen menjelaskan materi. Tetapi hal tersebut bisa merugikan diri anda sendiri karena tidak akan konsentrasi untuk belajar yang disebabkan oleh rasa ngantuk yang tidak bisa kita tahan, selain itu kalian juga bisa dianggap tidak menghargai guru atau dosen ketika menjelaskan materi di depan kelas apabila anda ketahuan mengantuk. Oleh karena itu saya akan memberikan tips-tips untuk menahan rasa ngantuk ketika belajar di dalam kelas


1. Tidur yang cukup di malam hari. Begadang sudah sangat melekat bagi para pelajar khususnya mahasiswa karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Hal ini lah yang menyebabkan rasa kantuk saat kita belajar di kelas. Oleh karena itu seharus anda bisa mengatur waktu sebaik mungkin agar dapat waktu tidur yang cukup di malam hari.
2. Melakukan olahraga ringan secara rutin. Walaupun olahraga bisa membuat kita capek tetapi manfaat setelah kita berolahraga akan membuat badan kita terasa fit, lebih segar, dan tidak mudah capek. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan bagi anda yang ingin menghilangkan rasa kantuk anda ketika sedang belajar di dalam kelas.
3. Makan pagi yang sehat. Jangan menganggap remeh sarapan yang kamu makan setiap pagi. Karena apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, sayuran dan karbohidrat akan memberikan energi ke tubuh kamu dan terjaga dari rasa kantuk.
4. Berinteraksi dengan teman sekitarmu saat berada di kelas. Lakukanlah hal ini ketika kamu marasa mulai mengantuk, karena dengan berkomunikasi dengan teman bahkan dosen akan membuat kamu terhindar dari rasa ngantuk. Apabila kamu mengantuk tetapi diam saja di kelas maka pasti kamu akan ketiduran. Oleh karena itu sebaiknya kamu berkomunikasi dengan sekitar ketika mulai mengantuk di dalam kelas.

5. Jauhi kipas angin atau pendingin ruang. Kipas angin atau pendingin ruangan yang sejuk merupakan faktor yang menyebabkan rasa mengantuk karena kipasan angin dan udara yang dingin akan membuat diri kita mengantuk secara perlahan apalagi ditambah dengan materi yang sedang diajarkan tidak kita mengerti maka perlahan-lahan mata kita akan terasa sangat berat. Oleh karena itu cari apabila anda merasa mengantuk hindari duduk di dekat kipas angin atau pendingin ruangan




0 komentar:

Posting Komentar

Tips agar tidak mengantuk saat kuliah di ruangan