Tips Agar Tidak Terlalu Kecanduan dengan Handphone

Handphone merupakan gadget yang tidak bisa kita hindarkan saat ini, karena banyaknya fungsi yang aka bisa kita gunakan dari handphone atau bisa juga disebut smartphone ini. Kelebihan ini tentunya juga akan menimbulkan kekurangan yang akan berdampak pada lingkungan sosial kita, padahal smartphone bisa digunakan sebagai sarana/media untuk bersosial tetapi penggunaanya secara berlebihan yang menimbulkan dampak negatif bagi kita semua khususnya anak mudia jaman sekarang. Berikut tips-tips yang akan saya berikan agar tidak terlalu kecanduan dengan smartphone

Tahu waktu
Ya, cara ini sangat sederhana namun bisa membuat Anda lebih disiplin. Setting-lah berapa jam Anda akan menggunakan handphone dalam satu hari. Merasa kesusahan? Ada aplikasi yang dapat membantu!Aplikasi untuk mencatat waktu pemakaian smartphone ini sudah tersedia di Google Play Store dan iPhone App Store! Bagi para pengguna iPhone, Anda bisa mengunduh Moment sedangkan untuk pengguna Android, Anda dapat mencoba aplikasi Quality Time.
Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa lama pemakaian ponsel selama sehari. Hal ini sekaligus dapat memonitor waktu pemakaian serta memberitahu Anda berapa jam dalam sehari Anda menggunakan gadget tersebut. Selain itu, ia juga dapat mengingatkan Anda bila sudah terlalu lama menggunakan handphone.
Sibukkan diri
Awal kecanduan handphone umumnya berasal dari rasa bosan yang mampir dan tak kunjung memiliki aktivitas lain. Alhasil memainkan hape menjadi alternatif yang malah semakin menjauhkan Anda dari produktivitas. Mulai saat ini, belajarlah untuk menyelesaikan tugas terlebih dahulu sebelum memegang hape. Taruh ponsel jauh-jauh dari Anda sehingga saat sibuk Anda bisa lupa untuk mengintip siapa yang mengirim pesan di BBM.
Matikan notifikasi
Secara teknis, mematikan seluruh notifikasi pada smartphone akan menghemat baterai ponsel Anda. Namun secara psikologis, tindakan ini sebenarnya membantu Anda untuk lebih konsen ke hal-hal lain yang lebih penting. Bunyi notifikasi social media atau messenger dapat membuat Anda tidak fokus dan cenderung penasaran. Bila memang tidak urgent, matikanlah notifikasinya sehingga Anda tidak kecanduan untuk selalu mengintip ponsel berkali-kali dalam sehari.

Puasa handphone
Ada istilah yang beredar di kalangan masyarakat: “Smartphone mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.” Tentu saja hal ini didasari oleh fakta bahwa seringkali kita mengacuhkan teman yang sedang mengajak ngobrol hanya karena kita sibuk membalas chat di Line. Smartphone membuat kita ‘menarik diri’ dari dunia nyata tanpa kita sadari. Bahkan, kecanduan yang akut bisa membuat siapa saja membawa ponsel kemanapun mereka pergi bahkan hingga ke kamar mandi. Untuk itu beri batasan pada diri sendiri. Misalnya, saat makan malam bersama keluarga di rumah, simpan saja ponsel di dalam laci. Atau saat Anda bermain dengan anak, matikan dulu smartphone sampai selesai. Usahakan untuk berpuasa selama 2 jam saja setiap hari.
Dr. Larry Rosen, seorang pakar psikolog di California State University memberikan tips jitu untuk mengurangi pemakaian handphone Anda. Caranya, mulailah dengan puasa hape selama 1 menit. Kemudian, lanjutkan puasa hingga 5 menit. Perpanjanglah waktu ini hingga 2 jam bahkan lebih. Tips ini bisa mengatasi rasa kecanduan dengan gadget smartphone.
Bergaul di dunia nyata
Tentu ada perbedaan signifikan antara berbicara secara bertatap muka dengan berbicara lewat handphone. Obrolan saat berkirim pesan tidak memiliki emosi dan visual sehingga Anda tidak memahami apa yang benar-benar dirasakan oleh si pengirim pesan saat bercakap-cakap dengan Anda. Saat ini emosi sudah tergantikan dengan stiker lucu dan emoji-emoji menggemaskan yang sama sekali tidak mewakili emosi yang sesungguhnya.
Dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Saat Anda bertemu dengan seseorang dan berbicara, Anda dapat memahami bahasa tubuhnya serta emosi yang terbersit di wajahnya. Karena Anda paham hal tersebut, Anda pun dapat member respon yang sesuai dengan keadaan.
Perbanyak olahraga
Apa hubunganya dengan kecanduan gadget, ya? Ada korelasi antara olahraga dengan kecanduan. Olahraga terbukti dapat mengurangi efek depresi pada para pecandu alkohol. Sama halnya dengan kecanduan gadget, berolahraga membuat tubuh menjadi sehat dan mengurangi depresi akibat kecanduan gadget– banyak bergerak menjadikan mood kita stabil dan lebih mudah merasakan senang.
Etika memakai smartphone
Ada kalanya kita menggunakan smartphone saat berada di jalan, bahkan saat mengadakan pertemuan penting. Saat kegiatan Anda membutuhkan perhatian dan konsentrasi, alangkah baiknya memahami kapan harus menggunakan handphone dan kapan harus menyimpannya terlebih dahulu. Bijaklah menggunakan smartphone Anda dan jangan sampai pemakaiannya malah merugikan diri sendiri.
Jangan buang jam weker Anda
Saking pintarnya smartphone kita, kita pun tidak bisa hidup tanpanya bahkan ketika tidur. Karena keesokan harinya, ponsel kita jugalah yang membangunkan kita dari tidur nyenyak! Tanpa disadari, penggunaan hape sebenarnya mengurangi jam tidur kita karena saat sudah berada di ranjang, pengguna akan melihat-lihat status teman atau membuka Facebook dan lainnya.
Lain halnya bila Anda memakai jam weker. Selain suara yang dihasilkan lebih nyaring, Anda dapat menjauhkan diri dari ponsel dan lebih cepat terlelap saat malam hari. Kualitas istirahat pun jadi membaik karena penggunaan smartphone sudah dikurangi. Mulai saat ini, jauhkan ponse dari ruang tidur agar Anda tidak tergoda untuk melihatnya.
Redakan stress dengan berjalan-jalan, bukan bermain game
Banyak pengguna handphone yang berdalih bahwa game di handphone bisa meredakan stress dan membunuh waktu. Sayangnya, hal ini akan memperparah kecanduan Anda dengan gadget smartphone. Saat sebuah game sudah tamat, pengguna pasti akan mengunduh game lain atau bahkan mengulangi game tersebut karena merasa ada yang ‘hilang’. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan bersama teman. Lakukan kegiatan alam dan hirup udara segar. Hal ini akan sangat baik untuk kesehatan psikis dan fisik Anda.

Beralih ke kamera digital
Ada kalanya kita bepergian ke tempat wisata dan mengabadikan momen-momen lewat kamera handphone. Agar tidak kecanduan, beralihlah ke kamera digital. Selain hasil jepretan yang lebih tajam, kegiatan fotografi ini akan menjauhkan Anda dari ponsel barang sejenak.
Apakah Anda adalah salah satu orang yang kecanduan dengan gadget smartphone? Bila iya, tak ada salahnya mempraktekkan salah satu tips di atas. Lebih baik bila tips-tips diatas dapat dilaksanakan semuanya.







0 komentar:

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Terlalu Kecanduan dengan Handphone