Tips memilih kost-an bagi mahasiswa baru


Bagi mahasiswa baru baik yang berasal dari luar kota, provinsi hingga luar negeri tentunya bukan hal yang baru lagi mendengar kata “kost”. Biasanya para mahasiswa baru akan berburu kostan ketika mendekati hari-hari perkuliahan bahkan ada yang jauh sebelum memulai perkuliahan yang sudah mencari kostan untuk mereka tempati nantinya selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk anda para mahasiswa baru yang akan mencari kost/kontrakan.

1. Lingkungan. Menurut saya ini merupakan hal terpenting yang bisa anda jadikan patokan dalam mencari kostan nanti. Kenapa begitu? Karena lingkungan lah yang akan membuat kita nyaman nantinya selama menempati kostan tersebut. Misalnya lingkungan sekitar kostan apakah kumuh atau tidak, kondisi kostannya bersih atau tidak karena ini tentunya akan berdampak ke kenyamanan kita. Selain itu kita juga harus melihat lingkungan sekitar kita, apakah ramai atau bising tidak, situasi yang kondusif akan membuat kita nyaman ketika belajar di kostan. Yang terpenting adalah apakah lingkungan tersebut rawan pencuri atau tidak, hal ini juga bisa dijadikan acuan dalam memilih kostan nantinya karena banyak oknum-oknum pencuri yang memanfaatkan mahasiswa yang sibuk dan kostan yang sepi dalam menjalankan aksinya maka sebaiknya anda untuk mencari info mengenai lingkungan kostan yang akan anda tempati.

2. Lokasi. Yang satu ini juga penting untuk dijadikan referensi anda dalam mencari kostan. Usahakan cari kost yang dekat dengan kampus dimana anda berkuliah nanti, karena nanti apabila anda sudah memulai kegiatan kuliah baru akan merasakan untungnya mempunyai kostan yang dekat dengan kampus. Anda tidak perlu repot menggunakan kendaraan untuk pergi ke kampus, cukup dengan jalan kaki saja anda bisa pergi ke kampus selain itu juga anda bisa menghemat bensin.

3. Biaya. Ini tidak kalah pentingnya dengan yang sudah saya sebutkan di atas, karena apabila kedua faktor yang saya sebutkan di atas sudah terpenuhi tetapi dalam hal biaya nya agak ‘mahal’ maka sebaiknya saran saya untuk mencari kostan yang lainnya kecuali anda memiliki dompet yang tebal. Usahakan jangan cepat untuk menentukan kostan yang akan anda tempati, karena pasti di sekitar kampus anda banyak terdapat kostan yang memiliki beragam harga tetapi memiliki fasilitas yang sama. Disini anda harus sedikit sabar, apabila anda beruntung maka anda akan mendapatkan kostan yang biayanya bersahabat tetapi lokasi dan lingkungannya sesuai dengan yang saya sudah sebutkan tadi.

4. Tetangga di sekitar kostan. Yang satu ini hampir mirip dengan point nomer satu diatas, tapi saya akan menjelaskan lebih detail mengapa tetangga sekitar kostan harus dijadikan referensi dalam memilih kost. Pertama, yaitu usahakan cari kost yang khusus untuk anak kuliah saja, karena dari pengalaman dan cerita dari sanak saudara saya, apabila kostan bercampur dengan yang bukan anak kuliahan maka bisa di katakan kostan anda rawan kemalingan bukannya bermaksud berpikiran negatif tetapi berdasarkan fakta yang saya alami dan dengar. Lain halnya apabila tetangga di sekitar kost anda adalah mahasiswa semuanya maka anda akan lebih tenang jika meninggalkan kostan anda kosong tanpa penghuni.


Sekian postingan saya kali ini, semoga dapat dijadikan referensi bagi anda yang akan mencari akan kost nantinya. Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar

Tips memilih kost-an bagi mahasiswa baru