Tips belajar di perkuliahan

Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai cara belajar efektif di perkuliahan. Sebenarnya belajar efektif tergantung pada individu masing-masing karena diri kita sendiri yang menentukan cara belajar kita masing-masing. Kenapa begitu? Misalkan cara belajar si A pasti berbeda dengan cara belajar si B, disini kembali lagi bagaimana keefektifan cara belajar agar materi mudah diresapi tanpa adanya keterpaksaan didalam pembelajaran. Disini saya akan memberikan tips secara umum mengenai cara belajar yang efektif di perkuliahan.

1. Buatlah aturan sendiri. Dalam belajar tanpa adanya suatu komitmen dari diri kita sendiri untuk belajar pastinya akan susah diserap apabila kita tetap memaksakan untuk belajar, oleh karena itu kita harus membuat aturan untuk diri kita sendiri walaupun kesannya agak susah untuk dilakukan tetapi kita harus membiasakan diri untuk tidak melanggar peraturan yang kita buat sendiri.

2. Keluarkan rasa jengah didalam diri kita. Rasa jengah ini seharusnya bisa menjadi motivasi kita untuk belajar lebih giat, apabila teman kita ada yang sudah jauh menguasi materi dan sering aktif didalam kelas, kita tidak boleh berdiam diri saja melihat teman-teman kita aktif, keluarkan lah rasa jengah untuk mengikuti teman-teman kita yang sudah menguasai pelajaran dengan baik. Dengan begitu kita juga akan muncul niatan untuk lebih giat belajar.

3. Jangan malu untuk bertanya. Ada pepatah mengatakan “Malu bertanya, sesat dijalan”, menurut saya pepatah ini sangatlah tepat, karena didalam perkuliahan apabila jika kita tidak mengerti suatu pelajaran, kita tidak boleh berdiam diri saja mempasrahkan keadaan kita, tetapi kita harus memberanikan diri untuk bertanya baik kepada dosen maupun kepada teman kita mengenai materi yang tidak kita mengerti.

4. Buatlah target untuk diri kamu sendiri. Target merupakan suatu yang harus kita capai, maka dari itu sebaiknya kita harusnya membuat target apa yang ingin kita capai di perkuliahan, misalnya target yang ingin kita capai pada awal semester. Target-target ini juga yang akan memotivasi diri kita untuk belajar dan belajar agar tercapai nya target yang kita inginkan.

5. Sesekali sempatkan waktu untuk bersantai. Banyaknya tugas dan juga tuntutan untuk belajar membuat pikiran kita jenuh, apabila pikiran sudah kacau maka akan berdampak keefektifan kita dalam belajar karena jika kita tetap memaksakan diri untuk belajar maka sama saja bohong, materi tidak akan masuk ke otak kita. Apabila pikiran kita sedang kacau karena banyak tugas dan hal-hal lain diluar perkuliahan maka sebaiknya kita untuk refreshing sejenak misalnya dengan bermain game. Setelah kita merasa baikan dan pikiran kita rileks maka bisa dilanjutkan pembelajarannya.







0 komentar:

Posting Komentar

Tips belajar di perkuliahan