Tips Untuk Memilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

            Ketika awal memasuki dunia perkuliahan, biasanya mahasiswa baru akan kaget dengan kehidupan di dunia perkuliahan dan lambat beradapatasi dengan hal tersebut. Karena mereka masih terbayang-bayang dengan kebiasaan-kebiasaan ketika masih di SMA sehingga bagi mereka yang belum bisa beradaptasi dengan baik berkeinginan untuk segera menyelesaikan studinya di perkuliahan. Padahal lulus cepat bukan jaminan kita nantinya untuk melamar suatu pekerjaan. Selain gelar kita nanti yang dibawa untuk melamar, tentunya ketika wawancara kita akan ditanyai tentang keaktifan kita di kegiatan kemahasiswaan baik itu lembaga mahasiswa hingga UKM atau Unit Kegiatan Kemahasiswaan. Maka dari itu mari tanamkan pada diri kita untuk mengasah kemampuan kita baik itu hard skill maupun soft skill demi menghasilkan output yang memiliki kemampuan SDM yang dapat bersaing dalam dunia pekerjaan.
             Disini saya akan membahas tentang tips untuk memilih Unit kegiatan Kemahasiswaan (UKM) apa yang akan kita pilih nantinya ketika di dunia perkuliahan nanti.
            Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa kita singkat dengan UKM merupakan suatu wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan bakat, minat, soft skill dan keahlian tertentu. Lembaga ini kita dapat jumpai ketika menginjakkan kaki di bangku kuliah, biasanya untuk para mahasiswa baru wajib untuk memilih kegiatan UKM sesuai dengan minatnya. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih Unit Kegiatan Mahasiswa, antara lain :

1.      UKM yang kita pilih harus sesuai dengan minat, bakat, kemampuan diri kita sendiri
Karena jika tidak tentunya kita akan susah untuh menyesuaikan diri lagi ke lingkungan di UKM tersebut, sedangkan jika kita memang menyukai kegiatan tersebut maka akan betul-betul melakukan kegiatan UKM tersebut dengan penuh komitmen.
2.      Jangan memilih UKM karena ikut-ikutan teman
Memang terkadang karena ajakan teman dan kita tidak enak hati untuk menolak, jadinya kita mengikuti pilihan teman, padahal hal tersebut sangatlah salah, karena apabila nanti dalam menjalankan kegiatan UKM tidak sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan kita maka sama saja dengan membuang waktu dengan kegiatan yang tidak ada gunanya bagi diri kita sendiri.
3.      UKM yang akan dipilih tidak boleh mengganggu kegiatan perkuliahan
Walaupun kita menyukai kegiatan UKM yang kita pilih, tapi apabila kegiatan nya sangat banyak dan mengganggu kegiatan perkuliahan sebaiknya anda mengurungkan niat untuk memilih UKM tersebut, karena yang harus kita ingat di jenjang pendidikan tertinggi ini bahwa kuliah merupakan prioritas yang utama.
4.      Jangan mengikuti kegiatan UKM yang akan berdampak dengan turunnya nilai kita.
Seperti definisi dari UKM yaitu sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat tentunya apabila kita senang dengan kegiatan UKM yang kita pilih dan terlalu sibuk dengan berbagai macam kegiatannya, tentunya juga akan merugikan diri kita sendiri karena kita akan sangat lelah dan tidak ada waktu untuk belajar yang menyebabkan nilai kita turun. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa kuliah adalah prioritas yang utama, sedangkan UKM hanyalah sarana untuk mengambangkan minat dan bakat kita saja.





0 komentar:

Posting Komentar

Tips Untuk Memilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)