Tips Belajar SKS

Sistem Kebut Semalam atau yang sering dikenal dengan SKS sudah pasti akrab di telinga kita terutama para kaum pelajar baik siswa maupun mahasiswa. Bagi mereka yang sangat sibuk dengan berbagai kegiatan baik di sekolah maupun perkuliahan maka sudah pasti menerapkan sistem ini untuk belajar menghadapi ujian dikeesokan-harinya karena tidak memiliki kesempatan untuk belajar. H-1 ujian merupakan waktu yang sangat mepet untuk belajar tetapi hal tersebut bisa saja juga menguntungkan bagi anda yang cepat menangkap suatu materi pelajaran. SKS ini sebenarnya lebih sedikit menguntungkannya bagi pelajar daripada kerugiannya, hal ini karena dalam belajar orak kita perlu memproses sesuatu yang baru saja kita pelajari dan tidak akan cepat untuk menangkap materi maka bisa dikatakan SKS ini akan sia-sia saja karena tidak akan masuk ke dalam otak kita mengenai materi yang kita pelajari dengan SKS ini. Berikut saya akan memberikan tips-tips untuk belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS).

1. Pastikan suasana diri anda maupun sekitar anda ketika memulai untuk belajar. Hal pertama ini penting ketika anda akan memulai untuk belajar SKS menghadapi ujian, terutama yang terpenting adalah diri anda sendiri. Kenapa begitu? H-1 ujian tentu saja akan berpengaruh ke kondisi psikis kalian karena sudah wajar bagi para pelajar mengalami ketakutan ketika menghadapi ujian apalagi baru H-1 ujian nya anda baru mulai untuk belajar. Maka dari itu pastikan anda siap untuk belajar dengan kondisi yang rileks dan tenang, setelah itu baru pastikan suasana sekitar anda tidak gaduh agar tidak mengganggu konsentrasi ketika belajar.
2. Gunakan metode belajar yang baik.  Nah untuk metode belajar ini juga bisa dikatakan penting karena sangat mempengaruhi pemahaman kita terhadap materi yang kita pelajari. Ada yang mengatakan metode belajar 50/10 (metode belajar dengan fokus untuk belajar selama 50 menit dan 10 menit nya untuk rehat sejenak lalu ulangi) baik digunakkan untuk anda yang sering ‘SKS’ ketika belajar. Hal itu balik lagi terhadap diri kita sendiri karena metode belajar pasti masing-masing dari kita memiliki nya karena pemahaman orang-orang berbeda-beda untuk memahami suatu materi pelajaran. Tetapi dari saya ada tips untuk yang bosan dengan belajar dengan hanya membaca buku saja, coba gunakan media internet belajar, gunakan kata kunci yang tepat sesuai dengan materi yang ingin anda pelajari, alangkah baiknya belajar dengan cara visualisasi atau belajar dari video, anda bisa menggunakan Youtube dalam hal ini karena sebagian orang bisa dengan mudah apabila belajar dengan media video karena dalam penjelasan nya bisa dikatakan bagus dengan langsung memaparkan caranya di dalam video tersebut.
3. Apabila tidak memungkinkan di malam hari, coba belajar saat subuh. Bagi anda yang pernah mencoba belajar ketika subuh pasti sudah tau manfaatnya. Biasanya belajar pada waktu subuh akan sangat cepat otak kita untuk menangkap materi yang kita pelajari karena saat itu kondisi otak kita masih fresh (segar) untuk belajar. Tetapi untuk melakukan hal tersebut bisa dikatakan susah karena bangun pagi merupakan hal yang sangat “menyiksa” bagi para kaum pelajar. Walaupun begitu untuk manfaat dari belajar sangat baik karena kita akan cepat memahami suatu pelajaran daripada kita memaksakan di malam hari nya untuk belajar tetapi tidak ada yang masuk ke dalam otak, yang mana lebih baik menurut anda?

4. Jangan terlalu memaksakan otak kita untuk belajar, berhenti bila sudah batasnya. Apabila kita sudah merasa jenuh atau sudah tidak bisa menangkap materi yang kita pelajari maka sebaiknya kita untuk berhenti belajar. Karena apabila kita memaksakan diri kita untuk mengejar materi-materi yang belum kita mengerti maka akan tidak ada artinya, otak kita sudah tidak sanggup untuk menerima materi lagi. Maka dari itu hal yang terbaik untuk dilakukan adalah beristirahat.




0 komentar:

Posting Komentar

Tips Belajar SKS