Review dual boot windows dan linux serta aplikasi-aplikasi pada OS linux

Pertama disini pastikan OS linux sudah terinstall di hardisk PC anda bukan pada VMWare, untuk sekedar tahu VMWare adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine sehingga anda bisa menjalankan OS linux saat sedang menggunakan OS windows. Jika OS linux terinstall di harddisk PC maka tampilan ketika booting pertama pada PC akan seperti berikut.

Tampilan Grub


Pada tampilan Grub terdapat beberapa pilihan, apabila kita ingin masuk ke dalam OS linux ubuntu maka klik pada pilihan *ubuntu yang nomer satu sedangkan apabila kita ingin masuk ke dalam OS windows pilih pada pilihan ketiga yaitu *Windows Boot Manager (on /dev/sda2). Sedikit catatan bagi anda yang menginstall dual OS pada tampilan Grub ini apabila anda mendiamkan pilihan pada nomer satu maka anda akan otomatis masuk ke dalam OS linux ubuntu.

Sebelum saya mereview aplikasi pada OS linux saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall aplikasi pada OS ini.

1. Via Ubuntu Software Center.


Ubuntu Software Center

Pada ubuntu software jika anda ingin install berbagai macam aplikasi sesua kategori anda hanya perlu memilih pilihan install maka aplikasi tersebut akan langsung terinstall pada OS linux anda.

2. Via Terminal.

Terminal


Jika anda menginstall aplikasi via terminal anda hanya cukup memasukkan perintah

sudo apt-get install nama-aplikasi

kemudian tekan enter lalu masukkan password root anda lalu tekan enter kembali.

3. Menggunakan installer berformat .deb
Untuk cara ini anda dapat mencari dan mendowload installer programnya pada browser anda tetapi anda harus ingat pada OS linux format ekstensi untuk installer yaitu .deb

Selanjutnya saya akan mereview mengenai beberapa aplikasi pada OS linux ubuntu di beberapa kategori.

1. Aplikasi perkantoran. Aplikasi perkantoran yang akan saya review yakni Libre Office. Aplikasi ini merupakan bawaan ketika anda menginstall OS linux ubuntu namun apabila belum terinstall, anda bisa mencari aplikasi Libre Office pada Ubuntu Software. Fungsi dari Libre Office sama halnya dengan Microsoft Office yang merupakan aplikasi bawaan OS windows. Pada Libre Office memiliki beberapa aplikasi yang memiliki kegunaan berbeda-beda yaitu:
  • Writer merupakan pengolah kata yang sama fungsi nya dengan Microsoft Word pada OS windows
  • Impress merupakan aplikasi untuk membuat presentasi yang sama fungsi dengan Microsoft Powerpoint pada OS windows.
  • Calc merupakan aplikasi yang mirip dengan Microsoft Excel yang memiliki kegunaan untuk mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna.
  • Draw merupakan penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio.
  • Math merupakan aplikasi untuk membuat dan menyunting formula matematika
LibreOffice
Tampilan LibreOffice Math

2. Aplikasi Desain Grafis. Aplikasi desain grafis yang saya gunakan dan review yakni GIMP (GNU Image Manipulation Program). Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah gambar, mengedit foro, menggabungkan foto dan pembuatan gambar. Anda bisa mendownload aplikasi ini pada Ubuntu Software Center.

Tampilan GIMP
3. Aplikasi Multimedia. Kali ini aplikasi multimedia yang akan saya review adalah rhythmbox music player sebagai aplikasi pemutar musik dan vlc player sebagai aplikasi pemutar video. Kedua aplikasi ini tersedia di Ubuntu Software Center untuk anda download dan install.

Tampilan rhythmbox music player
Tampilan vlc media player


4. Aplikasi web/internet. Selanjutnya saya akan mereview aplikasi kategori web/internet. Pada kali ini saya menggunakan aplikasi browser firefox dan google chrome. Kedua aplikasi ini memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai mesin pencarian atau search engine. Untuk aplikasi firefox sudah terinstall langsung ketika anda menginstall OS ubuntu linux/aplikasi bawaan OS ubuntu linux sedangkan google chrome anda dapat menginstall pada ubuntu software center.


Tampilan google chrome

Tampilan firefox

5. Aplikasi Pemrograman. Pada aplikasi pemrograman, yang akan saya review yakni codeblock dan geany. Codeblocks adalah IDE (integrated Development Environment) C/C++ yang bersifat open source yang juga mendukung berbagai compiler seperti GNU GCC, Intel C/C++, SDCC, Tiny C dll. Sedangkan Geany merupakan IDE sederhana dan sangat ringan yang dikhususkan untuk beberapa jenis pemrograman, bahasa scripting dan bahkan mark up. Untuk kedua aplikasi ini tersedia pada Ubuntu Software Center untuk anda install.

Tampilan CodeBlocks

Tampilan Geany

6. Aplikasi Pendidikan. Yang akan saya jelaskan pada kategori ini adalah Tux Math. Aplikasi ini merupakan permainan edukasi untuk anak belajar matematika, pada permainan ini kita akan melawan musuh yang memberikan soal-soal matematika dan kita harus mengalahkannya dengan menjawab soal-soal dari musuh tersebut.

Tux Math
7. Aplikasi Jaringan Komputer. 
  • Ping (Packet Internet Groper) merupakan salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Kegunaan dari perintah ini yaitu untuk mengetahui status up/down komputer dalam sebuah jaringan dan mengetahuin responsifitas komunikasi dalam sebuah jaringan. Cara menggunakannya yaitu dengan membuka terminal lalu ketikan perintah seperti pada gambar berikut.
Ping via terminal

  • Traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Traceroute berfungsi untuk melacak jejak pada paket protokol internet (IP) serta mengetahui jalur paket dari sutu jaringan ke jaringan lain.
Traceroute via terminal
  • Wireshark adalah sebuah free software yang digunakan untuk analisis jaringan yang biasa digunakan oleh network administrator untuk menganalisa kinerja jaringan termasuk protocol di dalamnya. Fungsi dari wireshark adalah untuk memeriksa keamanan jaringan, memecahkan masalah jaringan dan mempelajari protocol 

















0 komentar:

Posting Komentar

Review dual boot windows dan linux serta aplikasi-aplikasi pada OS linux