Tips berhemat bagi anak kost

Sebagai anak kost tentunya kamu akan menjadi pribadi yang mandiri, tetapi banyak hal yang akan kamu ketahui apabila kamu benar-benar mengalami nya. Kehidupan anak kost bagi kalian yang kurang dari segi ekonominya mau tidak mau membuat kalian untuk mengatur uang bulanan dengan menghemat pengeluaran keseharian. Berikut tips-tips untuk menghemat pengeluaran bagi anak kost:

1. Usahakan untuk masak sendiri. Misalkan kita tidak masak sendiri di kost-an, maka setiap harinya kita ada pengeluaran untuk membeli makan dan minum, perhitungannya misal harga nasi di sekitaran kost yang paling murah yakni Rp. 10.000 belum termasuk air, kita makan 3 kali dalam sehari maka dalam sehari keluar uang Rp. 30.000 hanya untuk mengisi perut kita saja. Maka dari itu alangkah baiknya kita untuk memasak sendiri minimal memasak nasi sendiri lalu kita beli lauknya saja untuk dimakan maka kita sudah menghemat pengeluaran uang.

2. Usahakan untuk mencuci pakaian sendiri. Dalam hal ini sama seperti kita menghemat pengeluaran untuk makan kita, dalam seminggu tentunya kita tidak hanya memakai satu pakaian saja untuk kuliah oleh karena itu cucian pakaian kotor kita pasti akan menumpuk, maka demi menghemat pengeluaran sebaiknya anda untuk tidak mencuci di tempat penyucian baju/laundry karena akan ada pengeluaran untuk hal tersebut. Sebaiknya anda cicil untuk mencuci pakaian anda tiap harinya agar tidak menumpuk di akhir minggu dan anda lebih bersantai mejalani akhir pekan.

3. Apabila ada pembelian buku usahakan meminjam kepada senior. Pengeluaran untuk membeli buku bisa dikatakan paling boros karena rata-rata harga buku berkisar dari Rp. 50.000 keatas. Maka dari itu usahakan untuk meminjam lebih dulu kepada senior kita, apabila tidak ada maka mau tidak mau kita harus membeli buku tersebut.

4. Tidak usah malu menjadi fakir wifi. Bagi anda yang memerlukan koneksi internet dalam mengerjakan tugas kuliah anda, sebaiknya anda mencari wifi gratis di areal sekitar kampus yang menyediakan wifi gratis untuk mahasiswa daripada anda membeli paket bulanan untuk koneksi internet saja.

5. Biasakan menghemat penggunaan listrik dan air. Kebiasaan yang ini sangat wajib untuk dilakukan bagi anda anak kost-an yang ingin berhemat selain itu juga anggap saja anda ikut membantu menghemat penggunaan sumber daya alam. Usahakan untuk meminimalkan penggunaan listrik dan air di kost anda karena sekaran ini untuk biaya listrik saja sudah bisa dikatakan mahal apabila anda bisa menghemat dalam penggunaannya maka anda dapat menghemat pengeluaran anda juga.


Di dalam menghemat pengeluaran ini hal yang terpenting adalah niat dari dalam diri kita sendiri, karena banyak di luar sana yang bisa dikatakan kurang beruntung daripada anda tetapi bisa menghemat pengeluarannya dengan baik. Intinya adalah anda harus berkomitmen untuk tidak dengan mudah mengeluarkan uang untuk berbagai macam hal, pilah-pilah hal mana yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Aturlah keuangan kalian sendiri dan belajarlah untuk lebih mandiri lagi.




0 komentar:

Posting Komentar

Tips berhemat bagi anak kost