Tips menghadapi ujian akhir semester (UAS)



Ujian akhir semester merupakan momok bagi para mahasiswa, diperlukan kesiapan mental yang baik guna menghadapi UAS. Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan penentu bagi mahasiswa terhadap suatu mata kuliah. Oleh karena itu UAS bisa menjadi suatu hal yang sangat ditakuti oleh mahasiswa. Berikut beberapa tips untuk menghadapi UAS

1. Buat suasana yang nyaman ketika akan belajar. Sebelum memulai belajar tentunya suasanya yang nyaman atau kondusif akan mempengaruhi keseriusan kita dalam belajar. Oleh karena itu sebaiknya anda memastikan diri siap untuk belajar apabila belum maka tenangkan dulu pikiran anda dengan melakukan kegiatan refreshing seperti bermain game, mendengarkan lagu, dll setelah merasa tenang maka mulai lah untuk belajar sesuai dengan gaya belajar kalian masing-masing.

2. Belajar lah dengan teman-teman anda. Hal ini terkadang ada yang tidak suka, tetapi alangkah baiknya anda mencobanya saja terlebih dahulu untuk belajar berkelompok dengan teman-teman anda. Tetapi anda dengan teman-teman anda harus memiliki komitmen terlebih dahulu untuk serius belajar karena apabila tidak, maka anda hanya akan membuang waktu saja. Dengan belajar kelompok anda bisa berdiskusi dengan teman anda untuk menyelesaikan suatu soal yang susah bersama, selain itu dengan belajar kelompok, teman-teman anda akan saling membantu agar semuanya mengerti tentang materi yang sedang di diskusikan.

3. Mulai lah menghitung waktu mundur menuju UAS. Dengan membuat hal kecil seperti ini seharusnya anda semakin termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, tetapi bagi anda yang mudah panik maka sebaiknya tidak usah melakukan hal ini agar otak anda  tidak semakin panik mendekati UAS.
4. Buatlah komitmen. Hal ini bisa dikatakn yang paling susah, karena komitmen itu datangnya dari dalam kita sendiri maka apabila komitmen itu tidak datang dari dalam diri sendiri akan berdampak pada keseriusan anda menghadapi UAS. Oleh karena itu buatlah suatu komitmen dari dalam sendiri yang kuat agar anda bisa lebih fokus untuk belajar saat akan menghadapi UAS nantinya.

5. Jaga Kesehatan. Selain melakukan hal-hal yang sebelumnya disebutkan, menjaga kesehatan adalah yang terpenting. Karena apabila anda memaksakan diri untuk belajar terus menerus tanpa mengiraukan kondisi kesehatan anda, lalu kondisi kesehatan anda menurun, maka yang rugi adalah diri anda sendiri. Oleh karena itu kesehatan juga harus mulai dijaga ketika medekati UAS.

6. Berdoa. Selain melakukan semua hal tersebut yang paling utama adalah berdoa. Sudah merupakan kewajiban semua umat untuk berdoa. Tetapi hal ini juga tergantung kepercayaan kita masing-masing, karena bagi beberapa orang dengan berdoa dengan memohon kelancaran maka secara otomatis dirinya akan merasakan suatu kemudahan dalam melakukan suatu hal dalam menghadapi sesuatu.







0 komentar:

Posting Komentar

Tips menghadapi ujian akhir semester (UAS)