Mengenal Data Warehouse


Nama               : Ida Agung Tribhuwana Mahardhika Adiningrat
NIM                : 1605551027
Mata Kuliah    : Data Warehouse
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.
Program Studi/Fakultas/Universitas   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana

        Data dan informasi merupakan salah satu entitas penting apabila dikaitkan dengan komputer. Tanpa adanya data dan informasi, pengguna komputer akan merasa kesulitan untuk menggunakan dan memperoleh manfaat dari penggunaan komputer. Data dan informasi memerlukan sebuah media penyimpanan sehingga dapat digunakan sewaktu- waktu apabila diperlukan. Tempat penyimpanan data dan informasi yang terstruktur dan teratur disebut dengan database (basis data).
         Data warehousing berkembang sebagai hasil perkembangan lebih lanjut dari system informasi sepanjang beberapa decade terakhir ini. Beberapa kunci perkembangannya adalah sebagai berikut:
  • Perkembangan pada tekhnologi basis data, terutama perkembanganpada data relasional dan RDBMS (Relational Database Management System).
  • Perkembangan pada perangkat keras computer, terutama pada tempat penyimpanan yang berukuran besar serta arsitektur computer parallel.
  • Perkembangan pada cara pengguna menggunakan system, yang difasilitasi oleh antarmuka (interface) serta kakas-kakas (‘tool’) yang berdaya-guna dan intuitif.
  • Perkembangan lebih lanjut pada middleware yang memungkinkan basis data perusahaan saling terhubung melintasi berbagai platform yang berbeda-beda.

          Data Warehouse merupakan koleksi data yang memiliki sifat object-oriented, time-variant, dan terintegrasi dalam sebuah koleksi data sebagai pendukung dalam proses pengambilan keputusan. Data Warehouse berperan sebagai gudang data, yang nantinya data-data yang ada di dalamnya dapat digunakan untuk diolah sewaktu-waktu diperlukan. Data Warehouse digunakan untuk ruang lingkup yang lebih spesifik seperti pada suatu organisasi atau perusahaan.

      Data Warehouse hanya dapat dilakukan dengan menggunakan 2 server atau lebih. Data Warehouse dapat menyimpan data-data yang berasal dari sumber-sumber yang terpisah kedalam suatu format yang konsisten dan saling terintegrasi satu dengan lainnya. Dengan demikian data tidak bisa dipecah-pecah karena data yang ada merupakan suatu kesatuan yang menunjang keseluruhan konsep Data Warehouse itu sendiri. Dengan kata lain informasi dikumpulkan dari data yang terpisah yang kemudian disatukan menjadi sebuah ringkasan.


Adapun karakteristik umum yang dimiliki datawarehouse adalah :

  •  Data terintegrasi dari berbagai sumber yang berasal dari proses transaksional (OLTP)
  •  Data dibuat konsisten
  •  Merupakan aggregate data/kesimpulan data, bukan data yang terperinci
  •  Data bertahan lebih lama
  • Data tersimpan dalam format yang tepat sehinngga proses query dan analisa dapat dilakukan dengan cepat
  • Data bersifat read only


Referensi: I Putu Agus Eka Pratama. Handbook Data Warehouse. Penerbit Informatika. Bandung. 2017)






0 komentar:

Posting Komentar

Mengenal Data Warehouse