Enterprise Resource Planning (ERP)


Nama               : Ida Agung Tribhuwana Mahardhika Adiningrat
NIM                : 1605551027
Mata Kuliah    : Enterprise Resource Planning (ERP)
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.
Program Studi/Fakultas/Universitas   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana


Modul-Modul ERP (Enterprise Resource Planning) dibagi menjadi tiga yakni:
1.                  Modul Operasi, terdiri atas :
·         General Logistik, adalah proses aliran pendistribusian yang efisien dalam pemnyimpanan barang dari titik asal / titik prosuksi ke titik konsumsi. Modul ini juga terintegrsi dengan modul lainnya,misalnya production & planning, enterprise controlling, dll.
·         Sales and Distribution, merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sales lebih menitikberatkan pada pencarian pasar dan produk. Sedangkan distribution difokuskan pada penggunaan strategi yang sensitif terhadap perubahan yang terjadi di pasar.
·         Material and Management, merupakan modul yang bertujuan untuk mengoptimasi semua proses yang terkait dengan perencanaan, pengadaan, pembelian, sampai penyimpanan material.

2.                  Financial Accounting Module, merupakan inti/core atau dasar dari kebanyakan sistem software ERP. Karena Modul Finasial ini mampu untuk mengumpulkan data keuangan dari berbagai departemen fungsional, dan mampu untuk menghasilkan laporan keuangan yang sangat berharga . Beberapa fungsi financial accounting module :
·         Menghandle semua account yang berhubungan dengan masukan atau entri dan menghandel dampak dari entri tersebut terhadap system secara keseluruhan.
·         Mencatat semua proses keuangan yang masuk dan juga mencatat semua bagaimana keuangan tersebut digunakan.
·         Dengan adanya Modul ini, maka para pemilik perusahaan akan diberikan gambaran mengenai posisi keuangan meraka dan akan sangat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang sifatnya sangat strategis.
·         Dengan adanya software finasial ini pula, manajemen dapat mengetahui kondisi finansial perusahaan mereka kapan saja dan dimana saja.

3.                  Human Resources Module, merupakan perluasan dari ERP module. HR modul memetakan secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga kerja itu sebagai asset atau capital. HR modul secara rutin akan memaintain secara lengkap database kepegawaian termasuk diantaranya informasi informasi mengenai detail penggajian, data krhadiran pegawai, data evaluasi performance karyawan, dan data promosi karyawan. Pada dasarnya Modul ERP ini memiliki sebuah software khusus yang mengintegrasikan semua informasi dari berbagai macam aplikasi yang disatukan kedalam sebuah database.

Implementasi Tiga Modul Utama ERP yakni sebagai berikut:
a.         Human Resource Management (HRM), Human Resources merupakan perluasan dari ERP modul. . HR modul memetakan secara tegas tentang managerial sumber daya manusia dan juga meletakkan tenaga kerja itu sebagai asset atau capital. HR modul secara rutin akan memaintain secara lengkap database kepegawaian termasuk diantaranya informasi informasi. Sub-sub modulnya meliputi : Personnel Management,Personnel Time Management, Payroll, Training and Event Management, Organizational Management, Travel Management.
b.      Financial Resource Management (FRM), berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola seluruh data finansial perusahaan, sehingga mampu menyajikan laporan dari hasil relasi data dari beberapa departemen atau unit pada perusahaan bersangkutan. Sub-sub modulnya meliputi : General Accounting, Financial Accounting, Controling, Invesment Management, Treasury, dan Enterprise Controlling
c.       Supply Chain Management (SCM), bertujuan untuk  melakukan efektifitas dan efisiensi dari suppliers, manufacturers, warehouse dan stores. SCM adalah fokus terakhir pengembangan ERP. Sub-sub modulnya meliputi : General Logistics, Sales and Distribution, Materials Management, Logistics Execution, Quality Management, Plant Maintenance, Customer Service, Production Planning and Control, Project System, Environment Management.
d.      Manufacturing Resource Planning (MRP) merupakan modul yang melingkupi faktor tambahan, yang meliputi : perencanaan jangka panjang, master schedulling, rough cut capacity planning dan shoop floor control.
e.       Customer Relationship Management (CRM) melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). Customer Relationship Management menjadi sebuah unit/sistem informasi yang terintegrasi dengan ERP, yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitasaktivitas pra penjualan dan pasca penjualan pada perusahaan.

ERP dalam kesatuan modul

Referensi :
1. Dhewanto, Wawan, Falahah. Enterprise Resource Planning : Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Penerbit Informatika. Bandung. 2007.
2. Portougal, Victor, Sundaram, David. Business Processes : Operational Solutions for SAP Implementation. IRM Press. London. 2007.
3. Wallace, Thomas F, Kremzar, Michael H. ERP Making It Happens The Implementer’s Guide to Success With Enterprise Resource Planning. John Wiley & Sons. New York. 2001





0 komentar:

Posting Komentar

Enterprise Resource Planning (ERP)