Pengenalan Enterprise Resource Planning (ERP)


Nama               : Ida Agung Tribhuwana Mahardhika Adiningrat
NIM                : 1605551027
Mata Kuliah    : Enterprise Resource Planning (ERP)
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama ST.,MT.
Program Studi/Fakultas/Universitas   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana



            Globalisasi serta perkembangan zaman melahirkan berbagai standar persaingan yang tidak akan ditemukan di masa terdahulu. Standar persaingan tersebut beragam tingkatannya. Ada yang sangat tinggi untuk dilakukan, ada juga yang bahkan tidak mungkin dilakukan. Walau dibilang seakan tidak mungkin, nyatanya standar persaingan apapun harus diikuti dan dilewati dengan baik, agar tetap bisa bertahan hidup.
            Salah satu contoh nyata adalah standar persaingan di bidang teknologi pada perusahaan. Jauh sebelum teknologi komputer dikenal, mungkin insting para ahli bisa menentukan nasib sebuah perusahaan. Namun ketika memasuki zaman serba canggih seperti sekarang, hal-hal semacam insting dapat dikalahkan dengan berbagai kecanggihan dari teknologi komputer. Mau tidak mau, perusahaan yang dulunya mengandalkan insting para ahli harus mau bermigrasi memanfaatkan kecanggihan teknologi, agar tetap bisa bertahan dalam ketatnya persaingan hidup.
            Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan- kebutuhan sistem informasi secara terperinci untuk unit- unit yang berbeda pada suatu perusahaan. ERP Terdiri dari bermacam- macam modul yang disediakan untuk berbagai kebutuhan dalam suatu perusahaan, mulai dari dari modul untuk proses distribusi sampai modul yang menangani masalah keuangan perusahaan. Penggunaan ERP menjadikan semua sistem di dalam suatu perusahaan menjadi satu sistem yang terintegrasi dengan satu database, sehingga beberapa unit perusahaan menjadi lebih mudah dalam berbagi data, dan lebih mudah pula dalam melakukan komunikasi.
            ERP sering disebut sebagai Back Office System dimana pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.berbeda dengan Front Office System berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk Customer Relationship Management (CRM). Modul pada ERP meliputi modul inventory (gudang), manufaktur, logitik, pembayaran, akutansi, produksi, dashboard, CRM web portal, dan lain- lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa ERP merupakan sekumpulan SI yang terintegrasi, dan bersifat kompleks.


Manfaat ERP, yakni:
  • Kualitas dan efisiensi, ERP menciptakan kerangka kerja untuk mengintegrasikan dan meningkatkan proses bisnis internal perusahaan yang memberikan peningkatan secara signifikan bagi perusahaan. Contohnya, dalam segi kualitas dan efisiensi dari pelayanan pelanggan, produksi dan distribusi.
  • Mengurangi biaya, banyak perusahaan yang melaporkan bahwa adanya penurunan yang signifikan dalam transaksi pengolahan biaya, hardware, software dan staf IT support.
  • Pengambilan keputusan, Sistem ERP dapat dengan cepat memberikan laporan atau informasi penting dalam kinerja bisnis kepada manajer, sehingga dapat meningkatkan kemampuan manajer dalam membuat keputusan yang baik dan tepat di dalam perusahaan.
  

          Referensi : Dhewanto, Wawan, Falahah. Enterprise Resource Planning : Menyelaraskan Teknologi      Informasi dengan Strategi Bisnis. Penerbit Informatika. Bandung. 2007.









0 komentar:

Posting Komentar

Pengenalan Enterprise Resource Planning (ERP)